Budi Daya Salak Pondoh Desa Pucungwetan

Desa Pucungwetan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo terletak pada ketinggian sekitar 650  mdpl, sedangkan untuk topografisnya berada di sebelah barat lereng gunung sindoro dengan suhu udara 20-30 ⁰C yang terdiri dari 5 dukuh yaitu Dukuh Pandak Kidul, Dukuh Kalimangli, Dukuh Pandak Lor, Dukuh Wonosari  dan Dukuh Pucungwetan. Sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Dari total luas wilayah sejumlah 249,5 Ha, seluas 234,34 Ha (93%) merupakan tanah pertanian yang subur dengan komoditas utama hasil pertanian yaitu buah salak yang menjadi sumber pendapatan masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Dari wilayah yang terbagi menjadi 5 dukuh tersebut, tiap-tiap dukuh mempunyai kelompok tani yaitu kelompok tani “SIDO RAHAYU” (Dk. Pucungwetan), kelompok tani “SARI BUNGA” (Dk. Wonosari), kelompok tani “GUYUP RUKUN” (Dk. Pandak Lor), kelompok tani “SIDO MUKTI” (Dk. Pandak Kidul) dan Kelompok Tani “KOPI JAYA” (Dk. Kalimangli). Kelima kelompok tani tersebut tergabung di GAPOKTAN “TANI JAYA”. Melaui Gapoktan inilah para petani dibina dan dikawal dalam menerapkan sistem pertanian yang lebih baik, salah satunya yaitu mulai diterapkanya sistem pertanian salak organik. Secara bertahap para petani mengurangi penggunaan pupuk kimia. Melalui sistem pertanian organik ini diharapkan para petani memperoleh keuntungan yaitu biaya produksi yang lebih rendah, salak yang dihasilkan aman konsumsi serta ramah lingkungan dan yang paling utama yaitu persaingan harga dan potensi ekspor salak organik tersebut. Melalui Gabungan Kelompok Tani “TANI JAYA” inilah salak pondoh desa Pucungwetan berhasil memperoleh sertifikasi organik pada tahun 2017.

Ke depan diharapkan potensi pertanian yang sudah mampu mencukupi kebutuhan hidup masyarakat desa tersebut akan terus berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat membawa Desa Pucungwtan ke arah kemakmuran.

 


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'curl' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: